Solusi Kemacetan di putaran Jl. Ir. H. Juanda


Solusi Kemacetan di Putaran Jl. Ir. H. Juanda

a.      Pengenalan Jalan Ir.H. Juanda




Jalan Ir. H. Juanda Depok adalah nama salah satu jalan utama di Kota Depok yang melintas diatas sungai ciliwung yang membentang sepanjang 4 Km antara ruas jalan Margonda disisi barat dan Jalan Raya Bogor disisi timur. Nama jalan ini diambi dari nama Ir.H.Djuanda Kartawidjadja salah seorang tokoh nasional sekaligus sebagai Pahlawan Nasional Indonesia berdasarkan surat Keputusan Presiden RI No.244/1963 .
Dahulu Jalan Juanda adalah jalan setapak yang digunakan sebagai pelintasan jalur pipa gas milik pertamina. Namun seiring dengan perubahan status kota Administratif Depok menjadi Kota Madya  maka diperlukan percepatan pembangunan akses jalan yag diharapka mampu meningkatkan roda perekonomian masyarakat.
Pada saat ini Jalan Juanda merupakan jalur utama  untuk melaukan semua aktifas warga Depok, bahkan bukan hanya warga Depok saja yang melintasi jalan tersebut. Karena disisi timur Jalan Juanda adalah Jalan Raya Bogor yang termasuk jalan utama juga untuk menuju ibu  kota bari para pengguna sepeda motor. Maka dari itu banyak warga warga lain yang melintasi jalan tersebut.
Di bangunnya jalan juanda berfungsi untuk meningkatkan efisiensi pelayanan jasa transportasi dan distribusi serta memperpendek waktu tempuh darri koridor barat (Jalan Raya Margonda ke koridor timur (Jalan Raya bogor) ataupun sebaliknnya

b.      Titik macet di Jalan Juanda
Karena banyakannya  warga Depok yang beraktifitas di Jakarta dan begitupun sebaiknnya banyaknnya warga Jakarta yang beraktifits didaerah Depok makan jalan juanda selalu ramai yang melintas. Karena pada saat ini kota Depok sudah memiliki banyak mall-mall besar yang banyak didatangi pengunjung. Didaerah Depok juga terdapat Universitas swasta dan negri yang banyak diminati oleh warga sekitar oleh karena itu Jalan Juanda selalu ramai.



Seperti gambar diatas di Jalan Juanda terdapat satu putaran yang bisa dilewati baik dari daerah Jalan Raya Bogor maupun dari Jalan Margonda Raya. Karena Jalan Raya Juanda selalu ramai maka, diputaran tersebut selalu terjadi kemacetan. Karena putarannya hanya terdapat tiga putaran sepanjang jalan tersebut. Para pengguna Jalan Raya Juanda bisa merasakan kemacetan hingga beberapa jam. Jika dalam jam pulang kantor, jam pulang ngampus dan jam sibuk lainnya. Pada normalnya jika jalanan tidak macet hanya memerlukan waktu 30 menit untuk menuju Margonda jika sedang terjadi kemacetan bisa sampai 1 jam 30 menit lebih untuk mencapai Margonda saja.
Kemacetan itu disebabkan oleh penumpukan kendaraan yang akan berputar kearah Margonda maupun kearah Jalan Raya Bogor. Danmterdapat satu putaran yang menyebabkan semua kendaraan menumpuk disatu titik itu saja. Ditambah lagi banyaknya jalan menuju kesuatu perumahan. Maka semakin menumpuk kendaraan di titik tersebut dan pengaturan lalu lintas yang tidak baik sehingga para pegguna jalan saling mendahului satu sama lain.
            Kemacetan dijalan Juanda tersebut bisa terjadi setiap hari di jam-jam sibuk seperti jam untuk pergi kekantor, jam pulang kantor, karena di jam tersebut banyak kendaraan yang melewati jalan tersebut tapi kondisi jalannya tidak memadai.
c.         Cara mengatasi



Penanggulangan permasalahan di Jalan Juanda akibat rendahnnya kesadaran berlalu lintas dan kurang efektifnya putaran disuatu titik. Menurut saya sudah sepatutnya ditambahkan putaran di bagian jalan yang dekat dengan perumahan karena banyaknya kendaraan yang akan berputar arah menuju perumahan-perumahan yang ada disekitarnya sehingga tidak semua kendaraan yang akan berputar arah menumpuk berputar dititik tersebut dan mengganggu arus kendaraam yang akan jalan terus.
Putaran berfungsi sebagai tempat berputar arah bagi kendaraan, sehingga kendraan yang akan berputar arah yang akan memasuki kawasan perumahan tidak perlu untuk berputar arah di putaran yang lainnya, sehingga tidak akan terjadi penumpukan kendaraan di satu titik.

Komentar

Postingan Populer